Turbin Gas Siklus Terbuka


Sebuah turbin gas siklus terbuka sederhana terdiri dari kompresor, ruang bakar dan turbin seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1. Kompresor mengambil udara ambien dan menaikkan tekanannya. Panas ditambahkan pada udara di ruang bakar dengan membakar bahan bakar dan meningkatkan suhunya.

 

Gambar 1. Turbin gas siklus terbuka

Gas-gas yang dipanaskan keluar dari ruang pembakaran yang kemudian diekspan ke turbin membuat mekanik bekerja. Selanjutnya daya yang dihasilkan oleh turbin digunakan untuk mendorong kompresor dan aksesoris lainnya dan sisanya digunakan untuk pembangkit listrik. Karena udara ambien masuk ke kompresor dan gas yang keluar dari turbin di buang ke atmosfer, media kerja harus digantikan terus-menerus. Jenis siklus ini dikenal sebagai siklus turbin gas terbuka dan umum digunakan di sebagian besar pembangkit listrik turbin gas karena memiliki banyak kelebihan.

Kelebihan

  • Waktu pemanasan. Begitu turbin dibawa sampai nilai kecepatannya dengan menjalankan motor dan menyulut bahan bakar, turbin gas sangat cepat dari awalnya dingin sampai beban penuh tanpa waktu pemanasan.
  • Berat dan ukuran kecil. Berat dalam kg per kW kecil.
  • Bahan bakar. Hampir setiap bahan bakar hidrokarbon dari bensin beroktan tinggi sampai minyak solar berat dapat digunakan dalam ruang pembakaran.
  • Siklus pembangkit terbuka menempati ruang yang relatif kecil.
  • Syarat start cepat dan menangani beban terus menerus adalah poin yang mendukung dari pembangkit siklus terbuka ketika pembangkit ini digunakan sebagai pembangkit beban puncak.
  • Komponen atau pelengkap tambahan dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi termal dan memberikan biaya keseluruhan yang paling ekonomis untuk faktor beban pembangkit dan kondisi operasi lainnya.
  • Pembangkit tenaga turbin gas siklus terbuka, kecuali yang memiliki sebuah intercooler, tidak memerlukan air pendingin. Oleh karena itu, pembangkit ini bebas dari media pendingin dan menjadi mandiri.

Kekurangan

  • Efisiensi sebagian beban pembangkit siklus terbuka berkurang secara cepat karena persentase yang cukup besar dari daya yang dihasilkan oleh turbin digunakan untuk menggerakkan kompresor.
  • Sistem ini sensitif terhadap efisiensi komponen; terutama dari kompresor. Pembangkit siklus terbuka sensitif terhadap perubahan suhu udara atmosfer, tekanan dan kelembaban.
  • Pembangkit turbin gas siklus terbuka memiliki laju udara yang tinggi dibandingkan dengan siklus lain, oleh karena itu, diperlukan menghilangkan panas dalam gas buang dan membutuhkan saluran berdiameter besar.

Sangat penting mencegah debu memasuki kompresor untuk meminimalkan erosi dan deposisi pada bilah dan bagian-bagian kompresor dan turbin yang dapat merusak profil dan efisiensinya. Pengendapan karbon dan abu pada bilah turbin sama sekali tidak diinginkan karena akan mengurangi efisiensi turbin.

 

Sumber : Power Plant Engineering, NEW AGE INTERNATIONAL (P) LIMITED, PUBLISHERS

About these ads

About peradah17
INFOKOM DPP Peradah Indonesia Sulawesi Tengah

Comments are closed.